May 9, 2011

Posted by Endy in Financial Planning, Investasi | 167 Comments

7 cara menangkis trik dagang toko emas

Kali ini kita akan bahas tentang cara menghadapi pedagang emas, yang biasa gunakan banyak trik dengan memanfaatkan kekurangtahuan konsumen emas, terutama konsumen/ investor baru ketika transaksi jual – beli terjadi. Kalau artikel sebelumnya membahas lebih banyak tentang pengetahuan seputar harga, acuan dan koridor pergerakannya, sekarang tentang istilah di seputar fisik emasnya.

Ada ungkapan membeli emas hanya perlu 5 menit, tapi ketika menjual perlu 50 menit. Ini terjadi biasaya karena penjual-pembeli tak segera bertemu kata sepakat soal harga. Sebabnya banyak. Salah satunya adalah penjual-pembeli punya ekspektasi harga tertentu.

Sebagai awalan, berikut ini biasanya dialog yang terjadi antara konsumen dengan pedagang, Tetap tenang, lalu ‘tangkis’ dengan santai dan lugas. Di bagian akhirnya, baru kita bahas lebih dalam ‘ilmu’ dan esensinya.

1.    Pedagang: “Ini emas muda. Warnanya redup.” – Jangan percaya.

Alasan : tua-mudany emas tak ditentukan warna. Warna emas ditentukan oleh kadar campuran logam lain selain emas. Misalnya emas dan tembaga akan member efek agak kekuningan.

2.    Pedagang: “Ini emas Jawa, lebih murah jatuhnya.” – Jangan percaya.

Alasan : yang menentukan harga bukan asal emasnya. Emas Jawa, emas Lampung, emas Palembang, emas Arab itu istilah setempat dan tak scientific. Yang menentukan adalah berat & karat. Emas Jawa biasanya sebutan untuk emas dibawah 21 karat (biasanya 18K). Kalo emas kita setelah dicek berkarat diatas 18, berarti ia adalah ‘emas tua” dan tak ada alasan dinilai rendah.

3.    Pedagang: “Emasnya susut, sudah lama nih belinya.” – Jangan percaya.

Alasan : kecuali dipakai di badan sehari-hari seperti perhiasan, emas adalah logam yang tak susut. Itu trik untuk menurunkan harga. Emas batangan dan Dinar yang disimpan di lemari besi kemudian dijual lagi tak akan susut. Untuk membuktikan, lakukan penimbangan.

4. Pedagang: “Ini emas keluaran lama, potong harga ya.” – Jangan mau.

Alasan : kecuali perhiasan yang memang ada model yang tak lagi up to date, emas batangan dan koin/ dinar tidak terkendala model. Potongan harga hanya bisa dikenakan untuk perhiasan karena mungkin perhiasan harus dilebur untuk kemudian dibentuk lagi sesuai trend masa kini.

5. Pedagang: “Ini sertifikatnya palsu ya” – Jangan langsung percaya.

Alasan : sertifikat tak gampang dipalsukan. Jauh lebih sulit memalsukan sertifikat emas Logam Mulia daripada memalsukan uang kertas. Ada empat tanda di dalamnya (bisa dilihat dengan terawang dan dengan UV light) yang jika kita teliti, tak akan tergantikan. Juga tanda tangan assayer dan nomor seri untuk emas batangan. Terlebih jika belanja di toko emas tempat kita menjual, maka sertifikat yang dibilang tak asli bisa diperdebatkan, karena berarti toko tersebutlah yang telah menjualnya dulu.

6. Pedagang: “Ini emas digosok dulu ya, mau lihat asli-tidaknya.” – Jangan kasih.

Alasan : emas kita jadi berkurang karena digosok ke benda kasar itu. Serbuk hasil gosokannya kemudian biasanya dikumpulkan dan dimanfaatkan. Saat ini dengan cara modern, emas hanya perlu dicek keaslian dan kandungan dengan berbagai alat, ada yang mirip avometer saja, X-Ray fluorescence, atau dengan paduan gelas ukur & timbangan digital. Praktis dan sederhana. Biasanya pegadaian & toko emas yang serius memiliki peralatan ini.

7. Pedagang: “Ini dinar emas diskonnya gede, bukan produksi Antam.” – Jangan percaya.

Alasan : lihat sertifikatnya, kalau sertifikat Logam Mulia tersedia, ya itu berarti produksi Antam

Sebagai penutup, di saat toko emas mempermasalahkan keaslian, kadar (karat) dan berat (gram) emas Anda, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Cek sertifikat

Sertifikat dan kuitansi itu bukti absahnya emas kita. Apalagi jika dibeli dan dijual di toko yang sama, tak beralasan toko emas potong harga.

2. Cek fisik

Minta ditimbang, cek karatnya, baru fair. Jika ada kekhawatiran kebenaran alat tes karat dan timbangan, cari langkah lain. Bawa ke pegadaian dan minta mereka keluarkan surat keterangan kadar dan beratnya. Dengan Rp 25.000 atau gratis jika kenal baik dengan petugas gadai, uji emas bisa dilakukan.

Sering saya ulang, emas bukan hanya soal ‘murah saat beli’ tapi juga ‘mudah dan bagus harga saat jual’. Salah satu kuncinya sertifikat. Toko emas yang modern sudah meninggalkan cara ‘menggosok’ emas karena merugikan konsumen. Toko emas khusus perhiasan yang branded, biasanya menyertakan sertifikat dari pabrik. Ini juga sama berharganya dengan sertifikat lain.

Bagaimana dengan kuitansi? Kuitansi hanya bukti sah terjadinya transaksi. Ketika menjual, kuitansi diperlukan untuk menunjukkan dimana kita membeli emas. Jual dan beli di toko yang sama (yang tercantum di kuitansi) bisa jadi alasan tak terlalu banyak potongan ketika menjual kembali.

Semoga bermanfaat.

  1. Wah ini kiat-kiat ampuh dalam rangka jual emas perhiasan dan emas lainnya.. Makasih bro..izin sharing….

  2. Bro, mau nanya neh.
    Seperti diketahui di Jakarta kan ada beberapa pengedar dinar seperti Wakala, Gerai Dinar dan DinarFirst. Masing-masing mereka mempromosikan Dinar emas 22 karat dengan berat 4.25 gram per 1 dinar
    Nah yg ingin saya tanyakan :
    1. Kenapa harga jual antara Wakala, Gerai Dinar dan DinarFirst jauh sekali bedanya?.
    2. Kenapa masing-masing tidak mau buyback (membeli kembali)dibar yang bukan keluaran mereka?
    3. Pernah teman mencoba membelanjakan dinar keluaran Gerai Dinar di Festipal Hari Pasaran Wakala, tapi di tolak.
    Terimakasih sebelumnya Bro..
    Jawaban liwat japri juga boleh….

  3. mantap nih pak kiatnya. terimakasih ya, semoga ilmunya berkah, aamiin.

  4. saya sependapat, bagaimana cara jual sepenting cara beli. Kita harus tahu dimana jual, sebelum beli emas.

  5. kalo org mau jual mas,beli dari toko A,jual ke toko A,ada surat tidak perlu gosok.kalo beli dari toko lain hrs gosok,krn bgm toko A tau kadar mas yg akan dibeli.tapi kalau mas nya solid/padat,bs cek pakai timbang air(timbg digital+air,prinsip archimedes).kalau berongga tetap hrs gosok.hasil gosokan emas tdk bs dimanfaatkan.tp dicuci,dibersihkan,kalo ga batu ujinya penuh coretan.sampai saat ini tdk ada x ray atau apa buat ukur kadar mas.kecuali mas solid,ada alat yg cara kerjanya seperti timbang air

    • Trims. Kalau pegadaian, bagaimana cara mereka untuk melakukan test tanpa menggosok?
      Hasil gesekan/ gosokan mungkin tak bisa dimanfaatkan, tapi mengikis emas milik konsumen.
      Wallahua’lam.

      • bro belajar dl yg bener…yg digosok itu nggak bakalan mengurangi berat kecuali kalo ngegosoknya pake amplas (kertas gosok), coba aja sebelum digosok ditimbang dl kemudian stlh digosok timbang lagi saya jamin beratnya nggak bakalan berkurang

        • 1. Seberapa banyak konsumen yang paham gosokan tsb kertas amplas atau bukan? Tugas saya penyadaran ke konsumen untuk berhati-hati
          2. Tersedia cara lain selain menggosok. Kalau toko punya good will, dia akan upayakan itu, dibanding gosokan yang tradisional.
          Tks

  6. Kl emas putih di lebur mjdi emas kuning n dlebur mnjdi emas putih lg ap bisa mempengaruhi kadar emas trsbuut???

    • emas putih kadar emasnya dibawah 16%. jika ingin diolah ulang menjadi kadar emas yg lbh tinggi, memang harus dilebur dan dicetak ulang dg menaikkan komposisi Au-nya.

    • Saudara Abu Khalifa, perhitungan yang anda aulakkn salah, khususnya untuk ijaroh untuk 100 gram/tahun bukan 45 juta, nilai ijaroh senilai 45 juta itu mungkin untuk emas 1 kg Saat kita berniat menabung dalam bentuk emas di BRISyariah misalnya tentu saja sebaiknya disesuaikan kemampuan untuk menanggung beban ijaroh tersebut.Tentu memang lebih baik kita menginvestasikannya ke sektor Rill, namun fungsi emas di sini sekedar sebagai penjaga nilai yang fitrah, selama kita masih menggunakan uang kertas sampai kapanpun kita akan terus dizalimi dengan inflasi dkk.Berharap di masa yang akan datang kita bisa kembali menggunakan Dinar Emas sebagai mata uang resminya

  7. terima kasih banyak ya…infonya sangat bermanfaat :)

    klo boleh, mas bisa posting cara kerja alat2 penaksir kadar/berat emas batang disertai “gambar foto atau ilustrasi”..sehingga bisa makin meyakinkan calon konsumen biar Pede beli emas :D

  8. Pak kalau perhiasan, apakah bisa ya dibuatkan sertifikat ke pegadaian/ANTAM? Saya mau jual emas warisan yg udah lama sekali tetapi harganya jauh di bawah dari harga pasar karena sertifikatnya hilang.

    Terima kasih.

    • Jika tujuannya utk dijual, tanpa disertifikasi pun bisa langsung dibawa ke toko emas besar. Selanjutnya oleh mereka akan dilebur kmdn dibuat ulang menjadi bentuk emas lain. Atau jika jumlahnya cukup besar, bisa langsung dibawa ke antam.

  9. kalau saya menjual pehiasan emas pasti rugi karena di hargai di bawah harga ketika beli, mangkel sih… bagaimana cara supaya tidak rugi.? misal saya beli bulan desember, sya jual di bulan februari harganya sudah turun jauh.. jadi kadang sya berpikir menyimpan uang dlam jangka waktu pendek lebih menguntungkan.

  10. Terimakasih pak Endy. Artikel ini sangat bermanfaat. Bolehkah saya re-publish di blog saya pak?

    Sekarang saya lagi concern di bidang per-emas-an :)

  11. Sip keren info tipsnya, mungkin kadang dalam situasi tertentu menguji dengan digosok dan di potong barang emasnya juga perlu Asalkan sudah diel kesepakatan harga.

  12. terimakasih masukannya

  13. Terimakasih comment-nya pak

  14. boleh tahu apa definisi ‘emas muda’ dan ‘emas tua’ ?
    tiap daerah punya istilah masing2

  15. Kalo untuk perhiasan emas berupa kalung apa benar panjangnya bisa berkurang pak , ( emang mengandung karet ) # mungkin ini salah satu trik juga bagi toko emas .makasih

Trackbacks/Pingbacks

  1. 7 Cara Menangkis Trik Dagang Toko Emas | ralitadinar.com - [...] Artikel Pak Endy “Think Dinar” Kurniawan : Ada ungkapan membeli emas hanya perlu 5 menit, tapi ketika menjual perlu ...
  2. 7 Cara Menangkis Trik Dagang Toko Emas | ARISAN DINAR DIRHAM - [...] Endy J Kurniawan (www.endyjkurniawan.com) Posted in Buletin « WINDOWS ANA MUSLIM You can ...

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word